Minggu, 11 Oktober 2015

Gothic dan Emo

Baju Gothic
Admin sudah suka gothic dan emo sejak admin masih berada di bangku kelas 6 SD. Karena itu, hari ini admin mau membicarakan tentang Gothic sama Emo karena menurut admin mereka kerenn :3. Tapi jangan pikir admin ini orang goth atau emo lho.

Apa itu gothic dan apa itu emo?
Emo sebenarnya adalah singkatan dari emotional hardcore, sebuah tipe punk rock yang berasal dari Washington sekitar tahun 90-an. Kalau gothic adalah singkatan dari gothic rock dan sudah ada sejak awal tahun 80-an.
Sekarang, apa kesamaan antara keduanya? Pada dasarnya, emo dan gothic adalah bentuk musik underground eksperimental dan hardcore punk. Pengaruh musik mereka pada dasarnya sama, dengan punk sebagai akar. Emo selalu ada di originalnya, sementara goth selalu menyimpang ke arah electronica.
Goth biasanya mendengarkan The Cure, Sisters of Mercy, Christian Death dan Dead Can Dance. Emo lebih memilih untuk mendengarkan : Fall Out Boy, Scary Kids Scaring Kids, Chiodos, My Chemical Romance dan Dashboard Confessional. (admin nggak tahu band ini :v)


Apa bedanya gothic sama emo?
Cewek emo
Mari kita menghitung perbedaan utama antara keduanya. Sejauh kepribadian mereka, aura Goth dan Emo agak mirip dan biasanya berhubungan dengan depresi, kegelapan dan lebih dari aspek yang enggak begitu menyenangkan dalam hidup. Namun, kalian tidak dapat mengkategorikan satu jenis kepribadian tertentu sebagai semata-mata goth atau emo (masih bervariasi.)

Bagaimana tentang selera mereka di dunia fashion? Yang satu ini cukup mudah. Mereka biasanya memakai baju berwarna hitam. Tapi kesamaan berhenti di situ saja. Untuk goth, hitam itu dari atas ke bawah, kecuali kalau mereka berasal kategori raver atau glitter-goth. Selain itu, mereka juga memiliki kuku, lipstik dan eyeliner hitam. Mereka juga sangat teliti dengan aksesoris, menggunakan choker kulit, korset, renda, atau perhiasan yang lainnya. Untuk emo, hitam masih warna dominan tetapi mereka juga suka kaos band, celana jeans ketat, syal, hoodies dan pakaian berlapis.

Yang terakhir, perbedaan di pengaruh budaya dan ekspresi. Emo mengekspresikan diri dalam puisi seperti puisi Allen Ginsberg berjudul 'Howl'. Mereka juga membuat kritik berdasarkan post-punk dan filsafat punk. Di sisi lain, goth memiliki subculture yang berkaitan dengan ilmu hitam, vampir, sihir, dan cara berpikir mereka veers lebih ke arah sifat kematian, fiksi dan fantasi.

Sekian hasil research admin. Admin juga belajar banyak hal baru dari research ini. Semoga info ini bermanfaat (^.^)[Admin]

1 komentar: