Senin, 02 November 2015

Tips Belajar Terbaik Menurut Penelitian


Saatnya sekolah!

Kalau kalian seperti admin, sudah biasa jika kita berniat untuk belajar "lebih pintar" daripada "lebih lama". Lebih milih SKS (Sistem Kebut Semalam) daripada nyicil dikit-dikit tiap hari. Tapi menurut hasil penelitian, sebenarnya apa sih tips belajar yang paling ampuh?





1. Belajar sedikit demi sedikit
Dari hasil penelitian, waktu belajar akan lebih efektif jika dipotong menjadi beberapa sesi pendek. Daripada belajar semaleman sampai berjam-jam, akan lebih efektif jika dibagi menjadi beberapa menit tiap hari dalam seminggu. Ini karena otak kalian lebih suka memasukkan info sedikit demi sedikit daripada langsung memasukkan info secara menyeluruh. Ini juga merupakan alasan kenapa les berenang, bernyanyi, atau les lainnya biasanya dibagi menjadi beberapa sesi dan lebih sering lama sesi itu hanya 1 sampai 1,5 jam. Meskipun belajar semaleman memang hal yang paling mudah untuk dilakukan, ternyata hal itu berhubungan dengan nilai terendah. Setelah beberapa sesi belajar di malam hari, kemampuan berpikir dan mengingat mungkin akan mendapat efek negatif selama 4 hari penuh.




2. Menjadikan belajar sebagai rutinitas atau kebiasaan
Menentukan waktu tertentu di siang hari hanya untuk belajar melatih otakmu dengan menjadikannya suatu kebiasaan dan lama-kelamaan belajar menjadi lebih mudah karena otakmu sudah dilatih untuk belajar pada waktu itu.




3. Gunakan kartu flash (flash cards)
Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu belajar kita untuk membaca ulang catatan, buku paket, modul, ataupun fotokopian kita, dan kita keseringan men-stabilo-i (meng-highlight) catatan kita. Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal ini tidak efektif. Melakukan ini tidak memperbaiki pengertianmu dan juga tidak membantumu menghubungkan atau menemukan kata kunci dari hal yang kamu pelajari. Melakukan ini bahkan bisa merugikan karena dapat menarik perhatianmu ke topik yang kurang atau bahkan tidak penting. Tetapi, menggunakan flash cards terbukti menjadi alat terbaik untuk memperkuat ingatanmu. Entah disaat sesi belajarmu atau bahkan diluar sesi belajarmu. Tentu saja yang admin maksud bukan kartu flash untuk internet. Jadi kalian menulis catatan kalian di beberapa kartu kecil (seperti gambar di atas)



4. Tentukan target belajarmu
Menentukan tujuan dari tiap sesi belajarmu juga dapat membantumu dalam belajar. Daripada belajar tanpa tujuan, lebih baik kamu fokus ke satu topik yang harus atau ingin kamu pelajari. Jika kamu tidak bisa menjelaskannya dengan mudah, artinya kamu belum memahaminya cukup baik.



5. Coba menjelaskannya atau mengajarinya ke orang lain
Ada sebuah penelitian dimana beberapa induvidu diminta untuk mempelajari sebuah paragraf. Setengah dari individu itu diberi tahu bahwa mereka akan di tes dan setengah yang lain diberi tahu bahwa mereka akan mengajarinya ke orang lain. Mereka yang mengira dirinya akan mengajar paragraf itu ke orang lain mendapat nilai lebih baik dan mengerti paragraf itu lebih baik. Saat kamu mengharapkan untuk mengajar, otakmu mengatur informasinya ke dalam stuktur yang lebih logis dan mudah dimengerti.



6. Lakukan kuis 
Kuis berfungsi seperti tes latihan. Bukan hanya kuis membuat otakmu terbiasa dengan materi yang kamu pelajari tetapi juga kesalahan dari kuis tersebut membantumu menemukan hal-hal yang kurang dimengerti. Kuis juga dibuktikan dapat menambah kepercayaan diri, sehingga hasilnya lebih maksimal



7. Belajarlah di satu tempat tertentu
Penelitian menunjukan bahwa memiliki tempat belajar tententu dengan semua peralatan yang kamu butuhkan adalah yang terbaik. Seperti menentukan waktu, hal ini melatih otakmu untuk belajar



8. Belajar tanpa musik
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa musik klasik dapat meningkatkan konsentrasi, tetapi hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa belajar dengan backsound berirama dapat mengurangi konsentrasi. 



9. Matikan handphone mu (dan alat elektronik lainnya)
Ini mungkin adalah tips yang paling penting dari semua tips di atas. Simpan atau letakkan handphone mu di tempat yang jauh dari tempat belajarmu. segala pemberitahuan yang muncul di handphone mu dapat menguragi konsentrasi secara drastis

Semua tips ini berasal dari video AsapSCIENCE, jika kalian mau nonton, klik video di bawah ini
Sekian dari admin.. semoga bisa membantu.. ^^ [admin]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar